Hello Guys… Kali ini, Saya akan berbagi pengetahuan mengenai Sequence Diagram

Apa Itu Sequence Diagram?

 

Sequence Diagram

Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.

 

Tujuan

Tujuan penggunaan sequence diagram :

  1. Mengkomunikasikan requirement kepada tim teknis karena diagram ini dapat lebih mudah untuk dielaborasi menjadi model design.
  2. Merupakan diagram yang paling cocok untuk mengembangkan model deskripsi use-case menjadi spesifikasi design.

 

Waktu Penggunaan

Waktu Penggunaan sequence diagram :

  1. Pada tahap discovery : Sequence diagram dari use case yang dipilih dibuat oleh Business Analyst.
  2. Pada tahap construction : System analyst menggunakan use case dan sequence diagram yang dibuat oleh Business Analyst  sebagai input untuk pembuatan technical sequence diagram yang akan ditinjau kembali oleh Business Analyst
  3. Pada tahap final verification and validation : sequence diagram digunakan untuk merancang test dari use-case scenario.

 

Komponen – komponen

Berikut komponen – komponen yang ada pada sequence diagram :

  1. Object adalah komponen berbentuk kotak yang mewakili sebuah class atau object. Mereka mendemonstrasikan bagaimana sebuah object berperilaku pada sebuah system.
  2. Activation boxes adalah komponen yang berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu yang diperlukan sebuah object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang diperlukan, maka activation boxes akan lebih panjang.
  3. Actors adalah komponen yang berbentuk stick figure.Komponen yang mewakili seorang pengguna yang berinteraksi dengan system.
  4. Lifeline – adalah komponen yang berbentuk garis putus – putus. Lifeline biasanya memuat kotak yang berisi nama dari sebuah object. Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.

 

Unsur-unsur

Berikut adalah unsur-unsur dari sequence diagram :

  1. Aktor

Suatu kejadian dari suatu aktor pada runtime.

  1. Menggunakan Kasus

Suatu kejadian suatu kasus penggunaan pada runtime.

  1. Obyek

Suatu unsur standard yang tidak diketik.

  1. Batas

Menghadirkan seorang alat penghubung layar pemakai atau input/output alat

  1. Kesatuan

Secara khas diterapkan sebagai unsur atau database.

6.  Pengontrol

Komponen aktif yang mengendalikan pekerjaan apa yang dilaksanakan, kapan dan bagaimana caranya.

  1. Lifeline

Suatu lifeline adalah elemen individu di dalam suatu interaksi dengan kata lain lifelines tidak bisa mempunyai keserbaragaman. Suatu lifeline menggambarkan hubungan suatu elemen yang berbeda.

  1. Boundary

Suatu boundary adalah suatu kelas yang meniru beberapa model boundary system yang secara khas yaitu merupakan alat penghubung seorang dengan layar. Boundary digunakan dalam tahap yang konseptual untuk menangkap para pemakai yang saling berinteraksi dengan sistem pada suatu tingkatan layar atau beberapa  alat penghubung jenis lain. Boundary sering digunakan dalam Sequence dan Analysis diagram.

  1. Control

Suatu control adalah meniru suatu kelas yang menggambarkan suatu pengendalian manajer atau kesatuan. Suatu control mengorganisir dan menjadwalkan aktivitas elemen – elemen. Control juga suatu pengontrol yang menyangkut pola Model-View-Controller.

  1. Entity

Suatu entity adalah suatu tempat atau ketekunan mekanisme yang menangkap pengetahuan atau informasi di dalam suatu sistem. Entity juga merupakan suatu model di dalam pola Model-View-Controller.

  1. Fragmen

Suatu fragmen mencerminkan suatu potongan atau potongan interaksi (yang disebut operan interaksi) yang dikendalikan oleh suatu operator interaksi, yang  bersesuaian kondisi-kondisi boolean yang dikenal sebagai batasan interaksi. Suatu fragmen nampak dengan nyata sebagai jendela transparan, yang dibagi oleh bentuk garis horisontal untuk operan masing-masing.

  1. Endpoint

Suatu endpoint digunakan dalam interaction diagram untuk mencerminkan sesuatu yang hilang atau menemukan pesan di dalam urutan. Untuk model ini, menyeret suatu elemen endpoint ke workspace itu. Dengan sequence diagram, menyeret suatu pesan dari lifeline yang sesuai kepada endpoint itu. Dengan timing diagram, pesan menghubungkan lifeline kepada endpoint dan memerlukan beberapa spesifikasi pemilihan waktu untuk menggambar koneksi.

  1. Diagram Gate

Suatu gerbang diagram adalah suatu jalan grapis sederhana untuk menandai suatu titik di mana pesan dapat dipancarkan ke dalam dan ke luar dari interaksi yang dibagi-bagi.

  1. State

Lambang State/Continuation menjalankan dua tujuan yang berbeda untuk interaksi diagram, seperti menyatakan keadaan yang kelanjutan dan invarian. Keadaan yang invarian ini adalah suatu kondisi yang berlaku untuk suatu lifeline, yang harus dipenuhi untuk lifeline yang ada. Dan lanjutan dari itu digunakan dalam seq dan alt fragmen, untuk menandai adanya cabang lanjutan suatu operan.

  1. Messages

Pesan menandai adanya suatu alur informasi atau transisi kendali antar elemen – elemen. Pesan dapat digunakan oleh semua diagram interaksi kecuali Interaction Overview diagram, untuk mencerminkan perilaku sistem.

  1. Self-message

Suatu self-message mencerminkan suatu metoda atau proses baru yang dilibatkan di dalam pemanggilan operasi lifeline’s.

  1. Call

Suatu panggilan adalah suatu jenis unsur pesan yang meluas tingkatan pengaktifan dari pesan yang sebelumnya itu.

 

Contoh Sequence Diagram

Berikut merupakan contoh sederhana dari Sequence Diagram :

Penjelasan

Pada Sequence Diagram diatas, bisa dilihat bahwa yang menjadi Actors adalah Administrator. Activation boxes biasanya memiliki garis yang memberitahu aktifitas yang terjadi ketika actors atau objects berinteraksi dengan objek lain.

 

 

Referensi :

http://gitadwisetiawati.blogspot.co.id/2013/01/sequence-diagram.html

https://www.codepolitan.com/belajar-uml-sequence-diagram-57fdb1a5ba777-17044

http://yogiperman4.blogspot.co.id/2013/05/sequence-diagram.html